Inilah Mengapa Defisit Transaksi Berjalan RI Semakin Besar

Impor migas kerap disebut sebagai penyumbang utama semakin lebarnya defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Namun, transaksi pendapatan primer justru menjadi faktor utama.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ekonom Faisal Basri yang menyebutkan defisit transaksi pendapatan primer jauh lebih besar ketimbang defisit karena impor migas. Hal ini yang kemudian membuat CAD Indonesia semakin melebar.

“Penyebab CAD itu ada defisit di primary income yaitu untuk repatriasi profit perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia,” katanya di Jakarta, Kamis (22/11/2018).

Lebih lanjut, Faisal memaparkan defisit dari transaksi pendapatan primer mencapai US$20 miliar. Angka yang lebih besar dari impor migas nasional yang menyumbang defisit sebesar US$10,7 miliar.

Menurutnya, pemerintah belum menyentuh dimensi transkasi primary income untuk menjaga defisit transaksi berjalan dalam batas aman. Pendekatan insentif bisa diberikan untuk menjaga dana tersebut tetap berada di dalam negeri.

“Pemerintah bisa undang 5 perusahaan terbesar yang investasi di sini, lakukan persuasi untuk menahan dana di sini dengan dengan return (imbal hasil) yang jelas. Itu untuk solusi jangka pendek,” tandasnya.

Data Bank Indonesia menyebutkan defisit transaksi pendapatan primer pada semester I/2018 mencapai US$16,06 miliar atau setara Rp240,83 triliun dengan kurs Rp15 ribu/dolar Amerika Serikat (AS). Tercatat, transaksi pembayaran pendapatan primer mencapai US$19,64 miliar. Sementara itu, penerimaannya hanya US$3,58 miliar.

Jumlah tersebut terdiri dari defisit neraca transaksi pendapatan primer kuartal I sebesar US$ 7,9 miliar dan US$ 8,15 miliar pada kuartal II. Adapun penyumbang defisit transaksi berjalan lainnya adalah transaksi jasa-jasa yang mencapai US$3,34 miliar atau sekitar Rp50 triliun.

Salah satu penyebab defisit primary income ini adalah tingginya pembayaran dividen dari hasil investasi pemodal asing serta utang luar negeri Indonesia yang jatuh tempo, sehingga membuat defisit neraca transaksi pendapatan primer cukup besar.

Kemudian dari sisi defisit transaksi jasa-jasa dipicu oleh banyaknya jasa pengiriman barang yang menggunakan armada pelayaran asing.

Sumber: DDTC.

Ikuti kami di akun media sosial resmi TAXVISORY:

LinkedIn

Facebook Page