Manfaat Laporan Keuangan Untuk UMKM

Setiap pebisnis pasti akan sangat membutuhkan laporan keuangan, baik itu perusahaan besar maupun UKM. Kenapa? Karena setiap keputusan penting dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis akan selalu memerlukan analisis laporan keuangan yang tepat.
Namun, berbeda dengan perusahaan besar yang sudah memiliki akuntan profesional, para pelaku bisnis UKM memiliki keterbatasan untuk mengakses hal tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang menganggap bahwa laporan keuangan sangat sulit untuk dibuat dan memerlukan program yang kompleks dalam proses pembuatannya.

Padahal, ada banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan saat mampu membuat laporan keuangan secara tepat. Apa saja manfaat tersebut? Lanjut baca artikel ini untuk mendapatkan jawabannya

Pengertian Laporan Keuangan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat laporan keuangan, kita harus terlebih dahulu mengetahui pengertian sebenarnya dari laporan keuangan.

Chris B. Murphy dalam artikelnya yang dirilis dalam laman Investopedia menjelaskan bahwa laporan keuangan adalah dokumen tertulis yang di dalamnya terdapat informasi penting tentang aktivitas keuangan suatu entitas, baik itu individu, organisasi, maupun perusahaan.

Dengan adanya dokumen ini, Anda bisa mengetahui bagaimana posisi keuangan atau net worth bisnis Anda maupun bisnis perusahaan lain.

Lebih dari itu, dokumen penting ini juga akan membantu Anda untuk mengetahui efektivitas yang terkait dengan perencanaan keuangan Anda dan apa saja dampak yang dihasilkan darinya.

Selanjutnya, Anda bisa membuat ataupun menyesuaikan rencana keuangan yang baru untuk bisa mencapai tujuan keuangan yang Anda sudah tetapkan.

Manfaat Laporan Keuangan untuk UKM

Manfaat yang paling banyak dirasakan dari laporan keuangan adalah saat Anda ingin mengajukan pinjaman atau modal usaha ke bank.

Saat mengajukan hal tersebut, biasanya pihak bank ingin mengetahui kondisi keuangan dari bisnis Anda terlebih dahulu melalui laporan keuangan.

Laporan ini menjadi dasar bagi pihak bank untuk mengetahui kemampuan Anda dalam membayar cicilan setelah pengajuan peminjaman dana Anda disetujui.

Nah, manfaat lainnya dari laporan keuangan adalah sebagai berikut:

1. Merencanakan dan Mengevaluasi Bisnis

Laporan keuangan bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk melakukan optimalisasi modal yang Anda miliki dan perencanaan anggaran keuangan Anda.

Pencatatan keuangan yang Anda buat secara akurat sesuai dengan fakta juga nantinya akan memberikan informasi tentang hasil usaha Anda dalam periode waktu tertentu sebagai bahan evaluasi.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah preventif bila terjadi risiko kerugian dan agar bisa menghindari terjadinya kebangkrutan.

Selain itu, perencanaan dan pembuatan strategi bisnis kedepannya bisa Anda putuskan dengan laporan keuangan yang sebelumnya sudah Anda buat dengan tepat.

2. Mengontrol Kondisi Bisnis

Laporan keuangan yang Anda buat dengan tepat dan akurat akan menggambarkan kondisi keuangan bisnis Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa laporan keuangan terdiri dari beberapa komponen, seperti pemasukan dan pengeluaran, keuntungan, aset dan modal, serta utang-piutang. Dengan adanya komponen ini, Anda bisa lebih mudah dalam memantau arus kas dan konsumsi anggaran bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui rasio profitabilitas bisnis Anda dan melakukan tindakan yang lebih cepat bila nantinya terjadi masalah finansial.

3. Mengontrol Anggaran dan Keuangan Bisnis

Laporan keuangan memiliki peran yang sangat penting dalam mengelola keuangan dan bisnis Anda karena berkaitan erat dengan arus kas.

Setiap dana yang keluar maupun masuk harus dicatat secara detail dan jelas sesuai dengan kebutuhannya, termasuk dana yang digunakan untuk operasional dan produksi, dalam periode waktu tertentu. Catatan tersebut berguna sebagai alat kontrol dan pantau finansial bisnis Anda.

Dengan adanya laporan keuangan, Anda juga bisa menentukan harga produksi, mengetahui kerugian dan keuntungan, serta menentukan anggaran bisnis yang pas untuk periode tahun selanjutnya.

4. Bukti Pajak

Setiap bisnis yang sudah berkembang dan pendapatannya sudah memenuhi syarat bayar pajak, maka akan terkena pajak pendapatan usaha.

Nah, laporan keuangan menjadi bukti yang akurat dan bisa digunakan untuk menentukan nominal pajak yang akan Anda bayar, mulai dari bisnis dengan skala UKM sampai dengan perusahaan besar.

Kehadiran laporan keuangan yang tepat dan akurat, Anda jadi bisa membayar pajak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Laporan Keuangan?

Setelah Anda memahami pengertian dan manfaat dari laporan keuangan, Anda pun harus mengetahui cara mudah dalam membuatnya.

Nah, berikut ini adalah cara membuat laporan keuangan seperti yang sudah dirangkum dari artikel karya Ashley Kilroy yang diterbitkan dalam laman Smart Asset:

1. Catatlah Seluruh Pemasukan dan Pengeluaran Anda

Usahakanlah untuk secara konsisten mencatat pengeluaran dan pemasukan Anda. Fungsinya adalah agar Anda bisa mendokumentasikan kondisi keuangan Anda secara akurat.

Cara ini menjadi sangat penting, terutama bila Anda ingin membuat laporan keuangan untuk kepentingan diri Anda sendiri.

Setiap pengeluaran dan pemasukan harus Anda tulis berdasarkan jenis dan jumlahnya secara jujur.

2. Mengumpulkan Seluruh Data Keuangan dari Buku Kas

Selanjutnya, Anda harus mengumpulkan data keuangan yang ada dari buku kas. Kenapa? Karena buku kas perusahaan berisikan data pengeluaran dan pemasukan yang dilakukan secara rutin.

Dari data tersebut, Anda bisa memilih dan memilah informasi mana saja yang dibutuhkan dalam membuat laporan keuangan Anda.

3. Pisahkan Informasi Pemasukan dan Pengeluaran

Jika Anda sudah mengumpulkan semua datanya, selanjutnya Anda harus memilih kembali informasi pemasukan dan pengeluaran.

Cantumkan juga kolom saldo agar Anda bisa melihat jumlah uang yang Anda miliki setelah adanya pengeluaran dan pemasukan.

Sumber: Detik.com

TAXVISORY¬†menyediakan jasa penghitungan, pelaporan pajak, perencanaan pajak, pendampingan atas pemeriksaan pajak yang selalu terbaharui dengan peraturan dan regulasi pajak terbaru. Ketemuan aja dulu…

Silahkan tanya dan hubungi kami di 021-39728888, admin@taxvisory.co.id.

LinkedIn
Facebook Page
Instagram Page